Awesome Places

1. Sumur Air Zam-zam

  

Sumur air zam-zam ditemukan di lembah Bakkah (nama kota Makkah di Arab Saudi).Sumur ini adalah sumur tertua yang terdapat di daerah Arab.

Berdasarkan sejarah terjadinya sumur air zam-zam adalah ketika Ismail A.S yakni anak dari Nabi Ibrahim A.S meninggalkan Ismail A.S dan Siti Hajir (istri Nabi Ibrahim) di lembah Bakkah. Nabi Ismail menangis tiada henti sehingga menghentakkan kakinya ke tanah karena sudah kehausan. Tangisan Ismail menyebabkan ibunya berusaha mencari air karena persediaan air telah habis. Siti Hajir menaiki bukit Syafa yang ketinggiannya kira-kira 50 meter. Dia mendaki bukit tersebut dan ketika sampai di puncaknya dia memandang ke bawah untuk melihat disekelilingnya apakah ada sumber air.Namun tidak didapatinya, kemudian dia juga melihat sebuah bukit yang bernama bukit Marwah yang berjarak 480 meter dari bukit Syafa, dan ia berlari menuju bukit itu. Setelah sampai di puncak dia juga memandangi ke bawah apakah masih ada satu titik sumber air, tetapi hasilnya nihil.Ini membuatnya berlari dari bukit Syafa ke Marwah sebanyak 7 kali untuk mencari sumber air. Finally, Siti Hajir letih dan tidak menemukan sumber air yang dicarinya dan ia segera kembali ke tempat anaknya Ismail yang sudah meronta-ronta.Ketika melihat anaknya menangis dan menghentakkan kakinya di tanah Siti Hajir sangat terkejut saat melihat keluarnya air dari tanah yang diakibatkan oleh hentakan kaki Ismail. Siti Hajir menyebut kalimat "Zamzami" yang artinya berkumpul.Akhirnya terkumpullah air itu dan menjadi sumur sampai saat sekarang ini dan sumur itu dikenal dengan sumur air zamzam.

Berdasarkan penelitian air zam-zam itu dipompa menggunakan mesin air dan menghasilkan 11-18 liter per detik sehingga per menitnya akan menghasilkan 660 liter air zamzam dan satu jam menghasilkan 39.600 liter.Sumur air zamzam ini berjarak 11 meter dari Ka'bah.Betapa besar kekuasaan Allah hingga sampai saat ini umat Islam bisa menikmati air zamzam tersebut.Subhanallah

2. Ka'bah

  

Ka'bah adalah suatu bangunan tertua in the world yang terletak di lembah Bakkah.Arti Ka'bah adalah bangunan empat persegi dengan ukuran 11x11 meter dengan tinggi 14 meter.Bangunan Ka'bah ini dibuat daripada batu yang bercampur tanah liat.Bangunan tua ini disebut juga dengan baitul atiq yang artinya rumah tua. Ka'bah ini dibuat oleh Nabi Ibrahim dan dibantu oleh anaknya Ismail. Karena bangunan ini dibangun tinggi maka dibuat pula tempat berdiri untuk mencapai ketinggian tersebut.Tempat itu diberi nama Hijir Ismail.Setelah Ka'bah selesai dibangun Allah memerintahkan Nabi Ibrahim dan anaknya untuk mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali ini dikenal dengan tawaf. Mengelilingi Ka'bah dimulai dari sudut Hajar Aswad dan berputar berlawanan dengan arah jarum jam.Setiap tahun umat Islam melaksanakan haji di Kota makkah dengan melaksanakan tawaf.


0 komentar:



Posting Komentar