Peristiwa Difusi dan Osmosis

Beberapa waktu yang lalu kelas gw mengadakan praktek proses bagaimana terjadinya difusi dan osmosis. Kami dibagi oleh beberapa kelompok. Masing-masing anggota kelompok diwajibkan membawa peralatan seperti air,gula,sirup dan 2 katak hidup dan bennag jahit. Ada beberapa orang yang geli saat melihat katak. Contohnya mau tau? Gw mau ngasih tau tapi sayangnya lupa!

Difusi adalah peristiwa perpindahan zat dari larutan yang mempunyai konsentrasi tinggi (hipertonis) ke larutan yang mempunyai konsentrasi yang rendah (hipotonis) menuju isotonis. Jadi pada difusi, konsentrasi molekul menjadi sama pada semua bagian. Contoh peristiwa difusi adalah saat kita menuangkan sirup ke dalam air dan setelah itu diaduk secara bersama-sama sehingga air dan sirup tadi menjadi satu warna dan itu disebut isotonis.

Saat air sirup belum diaduk dengan air.

Ketika air sirup telah isotonis.

larutan gula

Osmosis adalah perpindahan molekul dari larutan berkonsentrasi rendah ke larutan berkonsentrasi tinggi melalui membran selektif permeabel (semipermeabel). 

Di sini yang akan menjadi korban adalah seekor katak yang tidak berdosa. Nyawa mereka terpaksa terhenti saat detik ini juga.Sungguh naas nasib si katak. Semoga si katak mati syahid. Bagian yang akan diambil dari si katak ini adalah ususnya. Jadi sebelum kita mengambil ususnya kita harus menyemblih si katak ini.

Milik kelompok kami

Sebelum menyemblihnya kami harus mengeluarkan katak ini dari dalam toples. Saat keluar, katak yang kami miliki langsung mengeluarkan urine yang tidak tanggung banyaknya. Untungnya tidak ada anggota kelompok kami yang terkena urine tersebut karena bisa mengakibatkan kebutaan pada mata. Finally kami berhasil juga mematikan si katak

Ini adalah gambar saat kami membedah isi perut si katak dan mengambil usus si katak

Setelah berhasil memotong usus si katak saatnya untuk mencuci usus tersebut dengan bersih. Lalu mengikat  satu ujung usus dan diisi oleh air larutan gula tadi dan diikat disisi usus yang lain. Setelah diikat usus tadi direndamkan ke air laturan  gula. Setelah beberapa saat usus tadi akan kelihat mengembang.

usus direndam di alrutan gula

usus sudah telihat mengembang


Air dari luar sel akan masuk ke dalam sel sehingga sel mengembang.





0 komentar:



Poskan Komentar