Sistem Peredaran Darah

Komponen sistem peredaran darah pada manusia terdiri dari jantung,darah,pembuluh darah dan pembuluh limfe.
1. Jantung

Jantung merupakan suatu organ otot berongga yang terletak di pusat dada. Fungsi utama jantung adalah menyediakan oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida). Jantung manusia terdiri atas 4 ruang dengan sekat dan katup yang sempurna. Ruang tersebut terdiri dari

a. Serambi Kanan/atrium dexter
Serambi kanan adalah ruang jantung yang menerima darah yang kaya akan karbondioksida dari pembuluh vena cava  yaitu vena cava inferior atau posterior dan vena cava superior.
b. Bilik Kanan/ventrikel dexter
Bilik kanan adalah ruang jantung yang menerima darah yang kaya akan karbondioksida dari atrium dexter melalui Valvula trikuspidalis.Selain itu berfungsi memompa darah ke pulmo melalui valvula pulmonalis dan disalurkan ke pulmo oleh pembuluh arteri pulmonalis sinister.
c. Serambi Kiri/atrium sinister
Serambi kiri adalah ruang jantung yang menerima darah yang kaya  oksigen dari pulmo melalui pembuluh vena pulmonalis sinister dan darah tersebut kemudian disalurkan ke ventrikel sinister melalui valvula bikuspidalis.
d. Bilik Kiri/ventrikel sinister
Bilik kiri adalah ruang jantung yang menerima darah yang kaya  oksigen dari atrium sinister melalui valvula mitral dan memompa darah ke seluruh tubuh melalui valvula aorta.

2. Peredaran Darah
a. Peredaran darah kecil : peredaran darah dari bilik kanan jantung menuju paru-paru melewati arteri pulmonalis dan kembali ke serambi kiri jantung melewati vena pulmonalis.
b. Peredaran darah besar : peredaran darah dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh melalui aorta dan akhirnya kembali ke serambi kanan jantung melewati vena kava.

0 komentar:



Posting Komentar